Follow Us @soratemplates

Thursday, 18 August 2016

TIM 88 dari Staff Mental & Bina Lingkungan Beraksi Membasmi Nyamuk aedes aegypti



Ada beberapa penyakit tahunan yang kerap melanda saat musim hujan tiba. Salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBB).  Merebaknya kasus DBD membuat Tim Fogging dari Staff Mental dan Bina Lingkungan yang dikomandoi oleh Ust.Hidayatullah S.Pd dengan sigap tim menangapinya,  terkait melakukan aktivitas fogging yang bertujuan untuk memberantas penyebaran nyamuk aedes aegypti dewasa.

Jenis nyamuk aedes aegypti memiliki siklus aktif yang unik. Nyamuk ini akan memasuki rumah dan aktif menghisap darah manusia pada pagi dan sore hari pada pukul 08.00-10.00 hingga 15.00-17.00 waktu setempat. Saat fogging dilakukan di periode aktif nyamuk, maka nyamuk dapat bergerak untuk menghindar. Jenis nyamuk ini dapat terbang hingga 140 meter dari tempat ia menggigit korbannya. Karena itulah siang hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan fogging.

Staff mental beserta jajaranya pun meminimalisir keberadaan nyamuk aedes aegypti di sekitar lingkungan Pondok Pesantren Darurrahmah. Perlu diketahui bahwa juga bahwa nyamuk aedes aegypti merupakan nyamuk yang menyukai bau manusia. Hal ini membuat nyamuk pembawa penyakit DBD ini sering hinggap ataupun istirahat di kamar tidur atau di balik pakaian yang tergantung. Karena itulah penting untuk melakukan fogging hingga ke dalam Asrama Santriwan Maupun santriwati.

Meski menawarkan manfaat, namun fogging tidak dapat dilakukan secara rutin karena dapat menumbulkan resistensi dan juga pencemaran lingkungan. Tindakan fogging hanya dilakukan untuk epidemic situation saja. Selain itu dipondok pun  setiap hari jum’at tidak lupa untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan tindakan 3 M yakni menguras, mengubur dan menutup berbagai tempat air yang dapat menjadi media perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.
Salam Rahmah”Wardah Semoga Berkah”-IF-

No comments:

Post a Comment