Follow Us @soratemplates

Thursday, 4 January 2018

Manasik Haji, Praktek Ibadah Amaliyah, dan Praktek Ubudiyah

Darurrahmah- Program Tahunan Staf Kurikulum Pondok Pesantren adalah manasik haji. Kegiatan ini biasanya dilakukan di semester 2. Namun,  di 2 tahun terakhir kegiatan ini dilakukan pada semester 1, kegiatan ini wajib untuk kelas 1, 2, dan 1 akselerasi.

Selain Manasik Haji, kegiatan yang dilaksanakan di bulan Muharam ada juga beberapa kegiatan didalamnya meliputi praktek Simulasi pemandian jenazah (Ibadah Amaliyah) dan shalat-shalat sunah (Praktek Ubudiyyah).  Kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk pengembangan santri. Di usia yang masih relatif muda mereka sudah diberikan ilmu-ilmu praktek ibadah amaliyah berhaji.

Tepat tannggal 1 Muharram 1439 H (Kamis, 21 September 2017) Hari ini santri berbondong-bondong pergi le lapangan hijau dengan menggunakan pakaian ihrom. Difasilitasi dengan miniatur Ka'bah dan berbagai miniatur-miniatur yang berkenaan dengan berhaji. Mereka melakukan seluruh kegiatan haji  sesuai dengan tata tertib.

Pada akhirnya kegiatan manasik haji ditutup dengan syukuran berdoa sehabis shalat magrib dimasjid semua santri dan dewan guru menghadiri doa penutup dalam kegiatan manasik haji. Dengan harapan seluruh dewan guru dan santri bisa berziarah ke Baitullah (Makkah Al Mukarramah). Aamiin Allahuma Aamiin. -Wardah-

No comments:

Post a Comment