Follow Us @soratemplates

Tuesday, 19 December 2017

UJIAN LISAN MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI SANTRI

Darurrahmah: Rabu, 29 Nopember 2017. Ujian Lisan merupakan kegiatan semesteran Pondok Pesantren Darurrahmah, dimana santri diuji mental dan pengetahuannya secara langsung dihadapan penguji. Bukan hal yang mudah untuk dapat menjawab setiap pertanyaan yang terlontar dari penguji, karena persiapan yang harus dipersiapkan pun harus benar-benar matang, karena banyaknya materi di setiap materi yang diujikan.

Ujian Lisan terbagi menjadi empat Materi,  dengan 1 materi tambahan yang baru berjalan selama 2 tahun ini, yaitu materi Tahfidzul Qur'an,  3 materi yang sudah dan tetap berjalan adalah Materi Bahasa Arab, Materi Bahasa Inggris, Materi Al-Qur'an.

Dalam setiap Materi yang diujjkan banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk menghadapi penguji yang sudah siap d3ngan berbagai macam pertanyaan beraneka ragar sesuai materinya.

Dalam Materi Bahasa Arab saja santri perlu menpersiapkan matreri Mutholaah, Mahfudzot, Nahwu, Dhorof, Kosa Kata Bahasa Arab, Imla, Percakapan dalam Bahasa Arab, dsb. Begktu juga dengan 3 Materi lainnya. Maka dari itu para santri dibentuk mentalnya dalam menghadapi ujian Lisan, sehingga terbangun mental percaya diri dalam diri santri.

Ujian Lisan berjalan selama 4 hari, yang sebelumnya berjalan selama 6 hari, akan tetapi 2 tahun ini Ujian Lisan diadakan selama 4 hari berturut-turut tanpa ada jeda santri untuk persiapan materi selanjutnya, ini juga diadakan agar mental santri terbentuk dengan baik.

Dan dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah Ujian Lisan dapat berjalan dengan baik, meskipun ada saja kejadian-kejadian yang aneh ketika penguji menguji ujian Lisan, karena persiapan santri tersebut yang belum siap menghadapi Ujian. -Wardah-

No comments:

Post a Comment