Monday, 18 September 2017

"Bersholatlah untuk Tuhanmu dan Berqurbanlah"



Darurrahmah- Bukan hanya menjadi kata perintah. Ini yang dilakukan Santri Darurrahmah Saat Iedul Qurban-
Darurrahmah- Allahu Akbar,  Allahu Akbar,  Allahu Akbar,  Walillahil hamdu. Gema takbir, tauhid, dan tahmid akan terus dan tak henti berkumandang selam 4 hari 4 malam kedepan. Riuh kerumunan santri yang berkumpul di Masjid Sementara (GOR), mereka berbondong-bondong penuh suka cita menyambut hari yang agung ini.


Iedul Adha, sering kali kita menyebutnya dengan Hari Qurban. Sebagaimana yang telah diperintahkan dalam Qur'an dan Hadist bahwa umat muslim diperintahkan untuk berqurban. Ini sudah lama dianjurkan oleh Nabi Ibrahim., A.S. Hewan qurban yang biasa diaembelih di Indonesia khususnya adalah Sapi dan Kambing/domba. Kedua hewan itu selalu ada pada daftar qurban setiap tahunnya.

Ada satu hal yang paling ditunggu pada Iedul Qurban ini. Khususnya untuk siswa niha'i. Mereka akan melakukan praktek menyembelih hewan qurban. Namun, baru kambing saja yang diizinkan untuk menjadi praktek bagi siswa niha'i. Mereka juga dibimbing langsung oleh Ust. Hidayatullah yang juga selaku penanggung jawab Qurban.

Nama yang tersebut terakhir mengatakan bahwa,  "Alhamdulillah, tahun ini qurban untuk sapi berjumalah 9 ekor, dan kambing juga sama 9 ekor" kata beliau. Ust. Dayat sapaan akrab dari senior staff Mental dan Bina Lingkungan itu juga hampir setiap tahun beliau yang bertanggung jawab Qurban dan menjadi pembimbing untuk praktek menyembelih siswa niha'i. -Aa-

No comments:

Post a Comment