Tips Pola Hidup Sehat



     Diera globalisasi saat ini kita harus menjaga daya tahan tubuh kita, mengapa kita harus menjaga daya tubuh kita, banyak sekarang penyakit-penyakit baru yang bermunculan yang sukar untuk diobati oleh ilmu kedokteran...nah sekarang bagaimana kita harus menjaga daya tahan tubuh kita,
disini saya memberi tips agar daya tahan tubuh kita kuat dalam menghadapi cuaca yang terkadang extrim.

> Tipsnya adalah kita harus menjaga pola makan kita agar teratur, perbanyak minum air putih karena air putih bisa menetralisir racun yang ada dalam tubuh kita

> Hindari makan malam lewat dari jam 8 malam keatas karena dijam-jam tersebut tubuh kita waktunya beristirahat bukan lagi untuk mencerna makanan, seperti halnya kita ketika kita tidak istirahat pasti kita akan sangat lelah dan drop.

> Hindari bergadang malam karena bergadang hanya membuat tubuh kita rusak, karena ketika malam hari tubuh kita perlu istirahat atau perlu metabolisme

> olahraga yang teratur seperti lari, push up, pull up dll yang terpenting badan kita berkeringat

> Makan-makanan yang bergizi,berprotein dan berfitamin agar tubuh kita cukup terkena asupan makanan yang sehat seperti :

Sayur dan Buah Segar

Sayur dan buah memang menjadi salah satu makanan yang paling sehat yang ada di dunia ini. Pada kedua jenis makanan tersebut hampir tidak ditemukan kandungan yang berbahaya bagi tubuh anda. Hal ini akan lebih baik lagi jika anda memilih sayuran dan buah-buahan yang segar, sehingga nutrisi yang ada di dalamnya masih benar-benar terjaga. Atau mengapa anda tidak mulai untuk menanam sayur atau buah sendiri saja? Hal ini juga akan menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan. Konsumsi buah dan sayur setiap hari dengan varian yang berbeda akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kondisi tubuh.

Ikan dan daging

Selain buah dan sayuran protein juga penting bagi tubuh kita. Konsumsi ikan laut segar atau daging segar membantu anda mendapatkan sumber protein yang penting bagi tubuh. Namun hindari terlalu banyak makan daging ya, makanlah secukupnya. Selain daging protein juga bisa diperoleh dari tumbuhan yakni protein nabati, seperti kedelai yang diolah menjadi tempe dan tahu. Jadi anda bisa mengganti menu harian anda dengan banyak macam jenis protein.

Mengkonsumsi Karbohidrat Secukupnya

Karbohidrat memang menjadi salah satu sumber tenaga anda, namun bukan berarti anda harus memakannya secara berlebihan. Hal ini karena pada akhirnya karbohidrat akan diproses untuk menjadi glukosa. Dan tentu saja anda sudah mengetahui penyakit yang saat ini menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerang manusia, yakni diabetes. Mulai saat ini, lebih bijaklah dalam memakan sumber karbohidrat. Anda bisa menggantikan nasi dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih aman seperti dari jagung dan kentang. Sumber karbohidrat dari makanan tersebut lebih baik dikonsumsi untuk anda penderita diabetes.

Konsumsi air putih secukupnya

Air putih sangat penting bagi tubuh kita, karena itu pola makan yang sehat memerlukan air putih yang cukup. Kenapa saya katakan cukup, tidak 8 gelas sehari? Karena setiap orang melakukan aktifitas yang berbeda. Karena itu anda yang bisa merasakan apakah anda memerlukan air putih yang banyak atau tidak. Anda bisa merasakan jika terkena dehidrasi maka saat itulah tubuh anda kekurangan cairan. Selain itu mengkonsumsi air putih yang cukup bisa membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesegaran tubuh.

Hindari Junk Food dan Makanan Berlemak

Salah satu makanan yang harus dihindari manusia untuk pola makan sehat ialah junk food, namun sayangnya makanan ini malah menjadi salah satu makanan yang paling populer didunia. Selain junk food, makanan berlemak juga harus anda hindari. Lemak berlebih hanya akan menghasilkan tumpukan kolesterol jahat pada tubuh anda, yang kapan saja akan menjadi ancaman berbahaya bagi tubuh anda sendiri.


itulah tips dalam mengatur pola hidup yang sehat, yang akan berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari agar hidup kita menjadi sehat dan lebih baik, semoga bermanfaat artikel ini bagi kita semua, sekian bye-bye...

thanks.

No comments:

Post a Comment