Follow Us @soratemplates

Monday, 18 September 2017

Cara Shalat Taubat Serta Bacaanya



Shalat Taubat Nasuha – Merupakan Shalat Sunah Taubat yang dikerjakan dengan jumlah Raka’at minimal 2 Raka’at dan maksimal dikerjakan sebanyak 6 Raka’at. Perbedaan antara Shalat Sunah Taubat dengan Shalat Sunah Taubat Nasuha sendiri tidak ada perbedaan karena Shalat Sunah tersebut merupakan Shalat Sunah yang sama hanya saja terdapat perbedaan kalimat Nasuha.

Pengertian Taubat Nasuha sendiri adalah seorang muslim yang mencoba untuk bertaubat dan memohon ampunan Allah Swt dari perbuatan dosa besar yang sudah mereka lakukan dan setelah melakukan Taubat tersebut, mereka benar – benar berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan dosa mereka lagi dan benar – benar menyesal telah melakukan perbuatan dosa tersebut. Adapun jenis perbuatan dosa yang masuk ke dalam kreteria dosa besar antara lain Durhaka kepada orang tua, Syirik, Musrik, Berzina, Membunuh, Memakan harga anak yatim atau piatu, Korupsi dan masih banyak lagi.

Kemudian untuk waktu mengerjakan Shalat taubat nasuha ada baiknya dikerjakaan saat malam tiba setelah Shalat isya sehingga anda bisa mengerjakan Shalat Taubat Nasuha ini dengan khusyu dan tenang. Namun Waktu Shalat Taubat Nasuha jg bisa dilakukan saat siang dan malam hari hanya saja anda harus memperhatikan waktu – waktu yang dilarang untuk melakukan Shalat Sunnah. Cara Shalat Taubat Nasuha sendiri sama persis dengan Cara Shalat Taubat pada umumnya yang dilengkapi dengan bacaan Niat Shalat, Suratan Al Fatihah, Suratan dan Salam.


                                         Cara Mengerjakan Shalat Taubat 


Bacaan Shalat Taubat



Terjemahan Niat Shalat Taubat Nasuha diatas ialah, ” USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR ”. dan Pengertian Niat Shalat Taubat diatas adalah, ”’ Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Allah Ta’ala, Allah Maha Besar ”.

Setelah anda membaca bacaan Niat Shalat Taubat Nasuha diatas maka anda tinggal membaca Surat Al Fatihah, Suratan, Ruku, Itidal, Sujud dan Salam seperti mengerjakan Shalat Wajib kemudian Shalat Sunah Taubat Nasuha ini dikerjakan minimal 2 Raka’at dan maksimal 6 Raka’at.

Doa Setelah Shalat Taubat Nasuha

Setelah selesai mengerjakan Shalat Taubat maka anda duduklah dengan khusyu dan tenang, kemudian membaca Dzikir Sholawat Nabi, Tahmid maupun bacaan Tahlil setelah itu perbanyaklah membaca bacaan Istighfar yang dibaca minimal 100 kali karena manfaat dari bacaan Istighfar itu sendiri adlh untuk memohon ampunan kpd Allah Swt..

Terjemahan Latin Bacaan Doa Shalat Taubat Istighfar diatas ialah, ” ASTAGHFIRULLAAHAL ‘AZHIIMA, ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI ”. dan pengertian didlm Bahasa Indonesia nya adalah, ”’ Saya memohon ampunan kpd Allah yang Maha Agung saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang hidup terus selalu jaga ”’.



Bacaan Istighfar diatas merupakan Bacaan Istighfar lengkap yang bisa anda amalkan sebagai Doa Setelah Shalat Taubat dan anda bisa membaca bacaan Doa Shalat Taubat Nasuha dengan Bahasa Indonesia. Kemudian kesimpulan yang bisa kami berikan kepada anda terkait Shalat Sunah Taubat ini adalah bahwa Shalat Sunah Taubat Nasuha sama saja dengan Shalat Sunah Taubat hanya saja bahasa Taubat Nasuha lebih kongkret.


Karena didalam Taubat Nasuha ini seseorang benar – benar memohon ampun dan menyesal atas dosa yang mereka perbuat dan berjanji untuk tidak akan mengulangi perbuatan dosa mereka lagi. Namun barang siapa yang mengerjakan Shalat Taubat dengan sungguh – sungguh sebelum ajal mereka menjemput maka akan dijanjikan Surga dan pahala yang besar serta di ampuni segala dosa – dosanya oleh Allah.

Source: http://rukun-islam.com/shalat-taubat-nasuha/

No comments:

Post a Comment