Follow Us @soratemplates

Saturday, 23 April 2016

Hadirilah "HAUL ABAH'' Alm : Kh Tb Asep Basri 04-Mei-2016


HAUL,,,,, 

Informasi buat kamu-kamu semua alumni dan simpatisan  Pondok  Pesantren Darurrahmah harus pada dateng (wajib), nggak boleh nggak,,,,!!!!! kenapa hayoooooo??????????
Karenaaaaaaaa,,,,,sebentar lagi ada “HAUL COY” !!!!!!!! datang yaaaaaa!!!!!!
Tepatnya setiap tanggal 27 Rajab tiap tahun  selalu   diperingati Haul Abah, ( Alm. KH. Tb. Asep Basri), Nah,,,,,, temen-temenku  sesantri seperjuangan  mau tahu nggak sedikit tentang seputar “Haul”,,,,, ya dah,,,,,,,,dikasih tahu nih, baca ya artikelnya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Pengertian Haul

Haul dalam pembahasan ini diartikan dengan makna setahun. Jadi peringatan haul maksudnya ialah suatu peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya seseorang yang ditokohkan oleh masyarakat, baik tokoh perjuangan atau tokoh agama/ulama kenamaan.

Tujuan Diadakannya Peringatan Haul

Peringatan haul ini diadakan karena adanya tujuan yang penting yaitu mengenang jasa dan hasil perjuangan para tokoh terhadap tanah air, bangsa serta umat dan kemajuan agama Allah, seperti peringatan haul wali songo, para haba'ib dan ulama besar lainnya, untuk dijadikan suri tauladan oleh generasi penerus. Nah,,,,, demikian halnya kita mengenang jasa abah kita Alm. Kh. Tb. Asep Basri ) yang bejuang sampai titik darah penghabisan memperjuangkan  Islam di tanah Bojongnangka, Gunungputri khususnya dan umumnya wilayah sekitarnya, mau tahu kisahnya, mmmmm....... baca  aja dech resensi bukunya dah ada ko di menu Resensi Buku ,,,,, hehehehehe kalau diceritain kepanjangan, maaf yuaaaaa.............

Rangkaian Kegiatan yang dilaksanakan dalam Acara Haul

a.       Ziarah ke makam sang tokoh dan membaca dzikir, tahlil, kalimah thayyibah serta membaca Al-Qur’an secara berjama’ah dan do’a bersama di makam
b.       Diadakan majlis ta'lim, mau'idzoh hasanah dan pernbacaan biografi sang tokoh/manaqib seorang wali/ulama atau haba’ib;
c.       Dihidangkan sekedar makanan dan minuman dengan niat selamatan/shodaqoh‘anil mayit.

            Point di atas merupakan rangkaian kegiatan yang biasa dilakkukan dalam acara Haul,,,, nah,,,,ada tambahan lagi brooo,,,, di Pondok Pesantren Darurrahmah yang tampil beda untuk anda, point  ini teramat penting dan memang selalu menjadi agenda acara yang di tunggu,,,,,nama agenda acaranya adalah........

d.      Santunan, yang diperuntukkan bagi mereka yang yatim , jompo, dan kaum duafa(untuk ± 500 Orang)
            Adanya santunan di Pondok Pesantren Darurrahmah sudah menjadi rutinitas tahunan ketika Haul. Santunan ini nggak sedikit lho temen–temen terbagi ke beberapa daerah di sekitar lingkugan pondok, wah ketika acara santunan ini rame banget coyt,,,,,,saya senang dan bangga dengan adanya rangkaian acara santunan, karena banyak hikmah yang bisa kita ambil yaitu kita menjadi insan yang harus mau untuk belajar bersedekah, dan yang terpenting adalah untuk mensyukuri ni’mat yang telah Allah berikan pada kita, syukur yang takkan pernah ternilai harganya. Nah  itu temen-temen “Darurrahmah memang tampil beda untuk anda”.

Hukum Mengadakan Peringatan Haul

Selama dalam peringatan haul itu tidak ada hal yang menyimpang dari tujuan sebagaimana yang disabdakan oleh Nabi atau yang difatwakan oleh para ulama, maka haul hukumnya jawaz (boleh). Jadi, salah besar jika ada orang yang mengatakan bahwa secara mutlak peringatan haul itu hukumnya haram atau mendekati syirik.

Dalil diperbolehkannya Peringatan Haul

Berikut ini ada beberapa dalil syar’i yang berkaitan dengan masalah peringatan haul dengan serangkaian mata acaranya.

a.    Hadits riwayat Imam Waqidi sebagaimana yang tersebut dalam kitab Nahjul Balaghoh hal. 399 :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يزور قتلى أحد في كل حول، وإذا لقاهم بالشعب رفع صوته يقول : السلام عليكم بما صبرتم فنعم عقبى الدار. وكان أبو بكر يفعل مثل ذلك وكذلك عمر بن الخطاب ثم عثمان بن عفان رضي الله عنهم. [رواه الواقدي]
Artinya:
“Adalah Rasulullah SAWberziara ke makam syuhada’ Uhud pada setiap tahun. Dan ketika beliau sampai di lereng gunung Uhud beliau mengucapkan dengan suara keras “semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada kamu berkat kesabaranmu, maka alngkah baiknya tempat kesudahan”. Kemudian Abu Bakar, Umar bin Khatthab dan Utsman bin ‘Affan juga melakukan seperti tindakan Nabi tersebut”.

b.    Hadits riwayat Imam Thabrani dan Imam Baihaqi :
ما جلس قوم يذكرون الله تعالى فيقومون حتى يقال لهم قوموا قد غفر الله لكم ذنوبكم وبدلت سيئاتكم حسنات. [رواه الطبراني والبيهقي]
Artinya :
“Tiada suat kaum yang berkumpul dalam satu majelis untuk berdzikir kepada Allah kemudian mereka bubar sehingga diundangkan kepada mereka “bubarlah kamu”, sungguh Allah telah mengampuni dosa-dosamu dan kejahatan-kejahatanmu telah diganti dengan kebaikan-kebaikan”. (HR. Thabarani dan Baihaqi)

c.    Hadits riwayat Imam Dailami :
ذكر الأنبياء من العبادة وذكر الصالحين كفارة، وذكر الموت صدقة، وذكر القبر يقربكم إلى الجنة. [رواه الديلمي] اهـ الجامع الصغير : 158
Artinya :
“Menyebut-nyebut para Nabi itu termasuk ibadah, menyebut-nyebut para shalihin itu bisa menghapus dosa, mengingat kematian itu pahalanya seperti bersedekah dan mengingat alam kuburitu bisa mendekatkan kamu dari surga”. (HR. Dailami)

d.    Fatwa Ulama (Syaikh Abdur Rahman al-Jaziri) dalam kitabnya al-fiqih ala madzahibil arba’ah :
وينبغي للزائرالاشتغال بالدعاء والتضرع والاعتبار بالموتى وقراءة القرآن للميت، فإن ذلك ينفع الميت على الأصح. اهـ [الفقه على مذاهب الأربعة 1/540]
Artinya :
“Sangat dianjurkan bagi orang yang berziarah kubur untuk bersungguh-sungguh mendo’akan kepada mayit dan membaca Al-Qur’an untuk mayit, karena semua itu pahalanya akam bermanfaat bagi mayit. Demikian itu menurut pendapat ulama yang paling shahih”.

            Nah,,,,,,itulah sedikit tentang seputar  Haul”  mau tahu lebih banyak lagi tentang“Haul” baca buku khusus tentang Haul  aja yuaaaaa!!!! Hehehehe.............oke dech temen-temenku sesantri seperjungan  segitu dulu yuaaaaaaa,,,,ketemu lagi  dengan kami crue artikel nanti di tempat  yang sama hehehhe,,,,,, semoga artikel yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi  kita semua, amiiinnnnnnn.............

Created by : Crue Artikel (Purwana)

No comments:

Post a Comment